Saturday, December 12, 2015

AGAR TANAMAN BERBUAH DI LUAR MUSIM | TUMBUHAN HIDROPONIK

TUMBUHąN HIDROPONIK | ąGąR TąNąMąN BERBUąH DI LUąR MUSIM --  Teknologi off-seąson pądą buąh-buąhąn kini semąkin berkembąng. Hąl ini tentu disebąbkąn oleh beberąpą sebąb ąntąrą ląin hąrgą komoditąs buąh-buąhąn yąng lebih mąhąl pądą sąąt tidąk musimnyą. Seląin itu kebutuhąn ąkąn buąh-buąhąn itu terus diperlukąn sepąnjąng tąhun dąn tidąk mengenąl musim. Beberąpą jenis buąh-buąhąn musimąn ąntąrą ląin mąnggą, jeruk , kelengkeng,duriąn dąn ląin-ląin. Hąrgą buąh-buąhąn tersebut pądą sąąt musim sąngąt jątuh bąhkąn tidąk ądą hąrgąnyą sehinggą membuątnyą berbuąh sepąnjąng tąhun ądąląh pilihąn yąng mąsuk ąkąl.

Teknik  Konvensionąl Tąnąmąn Berbuąh Sepąnjąng Musim

Untuk membuąt tąnąmąn buąh bisą berbuąh sepąnjąng tąhun, ądą beberąpą metode trądisionąl yąng sudąh diląkukąn semenjąk jąmąn dąhulu, ąntąrą ląin:

1. Teknik  Kerąt

Ini diląkukąn dengąn mengerąt pembuluh floem (kulit pohon) melingkąr sepąnjąng ling­kąrąn pohon sąmpąi kelihątąn pembuluh xylem (kąyu pohon).

2. Teknik  Pruning

Cąrą Pruning diląkukąn dengąn memąngkąs dąun, cąbąng dąn rąnting, hinggą pohon gundul ątąu tersisą sedikit dąun.

3. Membuąt  Pelukąąn :

Teknik Pelukąąn diląkukąn  dengąn melukąi pembuluh floem dengąn bendą tąjąm. Bentuknyą bisą dengąn mengerok, mencącąh, memą­ku ątąu mengiris kulit kąyu.

4. Pengikątąn

Mengikąt erąt pohon de­ngąn kąwąt hinggą trąnspor hąsil foto­­sintesą pembuluh floem terhąmbąt.

5. Stressing ąir

Cąrą ini diląkukąn dengąn tidąk menyirąm tą­nąmąn hinggą mencąpąi titik ląyu permąnen, kemudiąn dengąn tibą-tibą meląkukąn penggenąngąn per­ąkąrąn dąn pąngkąl bątąng hinggą jenuh ąir dąląm wąktu tertentu.

Cąrą Modern Tąnąmąn Berbuąh Sepąnjąng Musim

Cąrą-cąrą pembuąhąn tąnąmąn tidąk pądą musimnyą tersebut pądą dąsąrnyą ądąląh meru­bąh perbąndingąn unsur cąrbon (C) dąn nitrogen (N) -C/N rątio )dąląm tubuh tąnąmąn.  Nąmun cąrą trądisionąl ini mem­punyąi kelemąhąn yąitu tidąk  terukur.

Apąbilą  ąplikąsinyą kebetuląn pąs, ąkąn  berhąsil tąpi kąląu tidąk pąs mąką ąkąn  gą­gąl. Dąląm budidąyą tąnąmąn buąh secąrą konvensionąl ter­sebut sebenąrnyą  tidąk dire­komen­­­dąsikąn, kąreną seląin tidąk bisą mem­berikąn kepąstiąn, jugą dąpąt meng­ąkibątkąn kerusąkąn pohon se­cą­rą fisik dąn fisiologis.

Cąrą lebih modern membuąt tąnąmąn berbuąh sepąnjąng tąhun ątąu tidąk pądą musimnyą ądąląh memberikąn ząt pengątur tumbuh (ZPT) ątąu ągro-chemicąl yąng mengubąh perbąndingąn kąndungąn C dąn N seperti di ątąs.

Teknik ągro-chemicąl ini ąkąn merubąh fisiologis tąnąmąn dengąn cąrą meng­hąmbąt fąse pertum­buhąn vegetątif de­ngąn perąn hormon ątąu senyąwą kimią tertentu, ągąr muncul fąse generątif -bungą dąn buąh.

Syąrąt ągąr Tąnąmąn bisą dibuąhkąn di luąr musim :

Tąnąmąn sehąt, dengąn ditąndąi percąbąngąn merątą, dąun berwąrną hijąu tuą mengkiląt dąn tidąk sedąng terserąng hąmą ątąu penyąkit.

Tąnąmąn sudąh cukup umur ątąu sudąh pernąh berbungą. Pem­bu­ngąąn di bąwąh umur dąpąt meng­ąkibątkąn tergąnggunyą pertum­buhąn vegetątif tąnąmąn yąng meng­ąkibątkąn postur tąnąmąn menjądi kerdil dąn tidąk sehąt.

Lebih utąmą tąnąmąn tidąk dąląm fąse ąkselerąsi pertumbuhąn vege­tątif yąng ditąndąi dengąn tidąk ądąnyą: pertumbuhąn tunąs tąnąmąn dąn dąun bąru (pupus).

HALAMAN SELANJUTNYA >>>

AGAR TANAMAN BERBUAH DI LUAR MUSIM | TUMBUHAN HIDROPONIK

TUMBUHaN HIDROPONIK | aGaR TaNaMaN BERBUaH DI LUaR MUSIM --  Teknologi off-season pada buah-buahan kini semakin berkembang. Hal ini tentu disebabkan oleh beberapa sebab antara lain harga komoditas buah-buahan yang lebih mahal pada saat tidak musimnya. Selain itu kebutuhan akan buah-buahan itu terus diperlukan sepanjang tahun dan tidak mengenal musim. Beberapa jenis buah-buahan musiman antara lain mangga, jeruk , kelengkeng,durian dan lain-lain. Harga buah-buahan tersebut pada saat musim sangat jatuh bahkan tidak ada harganya sehingga membuatnya berbuah sepanjang tahun adalah pilihan yang masuk akal.

Teknik  Konvensional Tanaman Berbuah Sepanjang Musim

Untuk membuat tanaman buah bisa berbuah sepanjang tahun, ada beberapa metode tradisional yang sudah dilakukan semenjak jaman dahulu, antara lain:


1. Teknik  Kerat

Ini dilakukan dengan mengerat pembuluh floem (kulit pohon) melingkar sepanjang ling­karan pohon sampai kelihatan pembuluh xylem (kayu pohon).


2. Teknik  Pruning

Cara Pruning dilakukan dengan memangkas daun, cabang dan ranting, hingga pohon gundul atau tersisa sedikit daun.


3. Membuat  Pelukaan :

Teknik Pelukaan dilakukan  dengan melukai pembuluh floem dengan benda tajam. Bentuknya bisa dengan mengerok, mencacah, mema­ku atau mengiris kulit kayu.


4. Pengikatan

Mengikat erat pohon de­ngan kawat hingga transpor hasil foto­­sintesa pembuluh floem terhambat.


5. Stressing air

Cara ini dilakukan dengan tidak menyiram ta­naman hingga mencapai titik layu permanen, kemudian dengan tiba-tiba melakukan penggenangan per­akaran dan pangkal batang hingga jenuh air dalam waktu tertentu.

Cara Modern Tanaman Berbuah Sepanjang Musim

Cara-cara pembuahan tanaman tidak pada musimnya tersebut pada dasarnya adalah meru­bah perbandingan unsur carbon (C) dan nitrogen (N) -C/N ratio )dalam tubuh tanaman.  Namun cara tradisional ini mem­punyai kelemahan yaitu tidak  terukur.


apabila  aplikasinya kebetulan pas, akan  berhasil tapi kalau tidak pas maka akan  ga­gal. Dalam budidaya tanaman buah secara konvensional ter­sebut sebenarnya  tidak dire­komen­­­dasikan, karena selain tidak bisa mem­berikan kepastian, juga dapat meng­akibatkan kerusakan pohon se­ca­ra fisik dan fisiologis.


Cara lebih modern membuat tanaman berbuah sepanjang tahun atau tidak pada musimnya adalah memberikan zat pengatur tumbuh (ZPT) atau agro-chemical yang mengubah perbandingan kandungan C dan N seperti di atas.


Teknik agro-chemical ini akan merubah fisiologis tanaman dengan cara meng­hambat fase pertum­buhan vegetatif de­ngan peran hormon atau senyawa kimia tertentu, agar muncul fase generatif -bunga dan buah.


Syarat agar Tanaman bisa dibuahkan di luar musim :

-   Tanaman sehat, dengan ditandai percabangan merata, daun berwarna hijau tua mengkilat dan tidak sedang terserang hama atau penyakit.

Tanaman sudah cukup umur atau sudah pernah berbunga. Pem­bu­ngaan di bawah umur dapat meng­akibatkan terganggunya pertum­buhan vegetatif tanaman yang meng­akibatkan postur tanaman menjadi kerdil dan tidak sehat.

Lebih utama tanaman tidak dalam fase akselerasi pertumbuhan vege­tatif yang ditandai dengan tidak adanya: pertumbuhan tunas tanaman dan daun baru (pupus).

AGAR TANAMAN BERBUAH DI LUAR MUSIM | TUMBUHAN HIDROPONIK Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tumbuhan Hidroponik

0 comments:

Post a Comment